BACK

Penipuan Rekrutmen SPINDO

13 December 2018

PT Steel Pipe Industry of Indonesia, Tbk mengimbau masyarakat luas untuk berhati-hati terhadap aksi penipuan berkedok lowongan pekerjaan mengatasnamakan PT Steel Pipe Industry of Indonesia, Tbk seperti yang terlampir berikut.

Modusnya, pelaku menginformasikan adanya lowongan kerja dengan mencantumkan alamat email sebagai alamat pengiriman lamaran. Namun alamat email yang dicantumkan tidak menggunakan domain SPINDO (contoh: recruitment@spindo.co.id). Biasanya pelaku menggunakan alamat email dengan provider tidak berbayar seperti gmail, yahoo, dsb. Selanjutnya, berdasarkan email-email yang telah masuk tersebut, pelaku akan menghubungi calon pelamar yang menginformasikan bahwa calon pelamar harus mengikuti tes. Dalam email tersebut juga disebutkan bahwa calon pelamar harus melakukan pemesanan tiket pesawat/hotel kepada biro perjalanan fiktif. Dari sinilah penipu tersebut mengeruk keuntungan, yaitu dari uang yang dikirimkan oleh calon pelamar untuk memesan tiket pesawat/hotel.

Dalam setiap proses rekrutmen, SPINDO tidak pernah menerapkan sistem refund atau penggantian biaya transportasi maupun akomodasi yang berkaitan dengan seleksi calon karyawan. Oleh karena itu, masyarakat perlu hati-hati terhadap informasi rekrutmen yang mengatasnamakan SPINDO.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan para pelamar kerja di antaranya adalah:
1. SPINDO tidak bekerjasama dengan pihak manapun, termasuk biro perjalanan untuk program rekrutmen
2. SPINDO tidak memungut biaya apapun dalam proses rekrutmen
3. Masyarakat diharapkan melakukan pengecekan melalui website SPINDO (www.spindo.com)